Senin, 19 April 2010

Mengatur Hak Akses Suatu File / Folder yang Dishare

Di Windows XP, berbagi (share) file atau folder dapat dilakukan dengan berbagai cara. Jika Anda memilih cara yang sederhana, Anda dapat langsung berbagi file atau folder dengan setiap orang yang berada dalam satu jaringan atau workgroup. Selain itu, melalui Windows XP Professional, Anda juga dapat mengatur hak akses file atau folder yang di-share terhadap user atau group tertentu. Untuk melakukan hal ini, Anda harus terlebih dahulu me­ngu­bah standar konfigurasinya.

Tips Untuk mengubah konfigurasinya, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini:

1. Masuk ke dalam window Control Panel lalu klik “Folder Options”. Selanjutnya, Windows XP akan menampilkan window Folder Options.

2. Pilih tab “View” lalu cari option “Use simple file sharing (Recommended) yang dapat Anda temukan di bawah area “Advanced set ting”.

3. Hilangkan tanda centang yang terdapat dalam boks option “Use simple file sharing”. Selanjutnya, Anda dapat menutup langkah ini dengan mengklik tombol “OK” dan “Apply”.

Selanjutnya, untuk menetapkan hak akses file atau folder yang di-share, Anda dapat mengaturnya dengan cara berikut:

1. Jelajahi file atau folder yang telah di-share melalui Windows Explorer.

2. Klik kanan file atau folder tersebut lalu pilih menu konteks “Properties”.

3. Selanjutnya, melalui window yang ditampilkan, pilih tab “Security” dan di sana Anda dapat menentukan hak akses terhadap file atau folder yang telah di-share. Yang perlu diperhatikan, langkah ini hanya dapat dilakukan pada hard disk yang diformat menggunakan sistem NTFS dan Anda harus menjadi pemilik utama file atau folder yang di-share.

Selamat mencoba :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar